Selasa, 12 Maret 2013

Wisata Pulau Berhala di Jambi, Objek Wisata Indah di Sumatera


Hari ini bener-bener jadi perjalanan yang paling melelahkan buatku sekaligus menjadi perjalanan terindah selama hidupku, karena aku baru saja kembali dari salah satu objek wisata yaitu pulau berhala di Jambi, objek wisata ini sangat indah dan salah satu yang paling digemari di provinsi Jambi, kalau kamu jalan-jalan ke sumatera utara ya kalo bisa jangan sampai dilewatkan kesempatan untuk mendapatkan pemandangan indah luar biasa disini.

Oh ya, kamu pasti berfikir kalau pulau berhala ini banyak patung-patungnya atau paling tidak sejarah masa lalu mengatakan kalau dulu orang-orang di pulau ini pada nyembah berhala bukan? Sayangnya kamu salah. Ada cerita tersendiri kenapa pulau ini bisa sampai disebut dengan pulau berhala. Mau tau kenapa? Ikuti terus perjalanan kita di Pulau Berhala.

Pulau cantik ini sekelilingnya memiliki pasir putih nan cantik yang menghiasi sekeliling pulau, kamu bisa bermain disana, berjemur (gak banget deh kalo aku, uda item soalnya). Oh iya, begitu kamu sampai ditempat ini kamu pasti terkejut kenapa pulau secantik ini bisa sampai sepi tidak ada penduduk sama sekali. Iya, karena pulau berhala yang berlokasi di Jambi Sumatera Utara adalah salah satu objek wisata yang memang tidak didiami oleh penduduk. Yang ada hanya tentara TNI AL yang sedang bertugas mengamankan laut dan kepulauan disana. Ya, berjaga-jaga kali-kali aja Malaysia mengklaim pulau ini sebagai milik mereka. Iya gak? 
Wisata Pulau Berhala di Jambi, Objek Wisata Indah di Sumatera

Buat kamu yang pengen menginap disana, jangan terlalu banyak berharap deh. Bahkan untuk penginapan saja tidak ada disana. Jadi kalaupun kamu ingin bermalam disana ya menginap saja di mess milik tentara (sewa mess). Tapi kalo aku sih uda bawa tenda, jadi kayak camping gitu deh. Hehee.. Sedangkan untuk makan ya di rumah makan milik tentara itu juga. Tapi, bawa sendiri makanan dan minuman kamu. karena disana gak ada yang jual makanan dan minuman, dan bukan urusan tentara juga menyediakan makanan kita. Oh iya, kalau kamu ke pulau berhala, persiapkan juga bekal berupa cadangan baterai seperti powerbank buat ngisi ulang baterai ponsel kamu. Karena disana tidak ada listrik. Hehee.. ada sih generator listrik, tapi watt cuma digunakan buat menyalakan lampu saja di rumah makan. Lagian, disana juga gak ada sinyal telepon kok. Jadi buat apa juga ponsel, kita gak bakal bisa BBM-an atau sekedar SMSan disana.
Wisata Pulau Berhala di Jambi, Objek Wisata Indah di Sumatera
Oh ya, sekarang saatnya bercerita gimana keindahan pulau berhala ini. Saat kami tiba di pulau berhala yang ada di provinsi Jambi Sumatera Utara ini, ada banyak objek yang sayang jika sampai dilewatkan. Misalnya saja snorkeling dan diving. Kalo aku sih, gak berani yah. Karena gak pande berenang. Hehee. Buat kamu yang hobi hiking juga pas banget datang ke pulau berhala. Karena disini ada anak tangga yang jumlahnya kira-kira 700 anak tangga yang kalau kamu naiki bakal membawa kamu ke sebuah mercusuar. Pas aku naik ke mercusuarnya, beuuh.. pemandangan yang luar biasa kurasakan bagai surga dunia. Beberapa hal lainnya yang bisa kamu lakukan dipulau berhala itu adalah trekking, snorkeling, menonton penyu yang lagi bertelur dan bermain-main di pasir pantainya.

Kalau kamu naik ke mercusuar ini pas air laut sedang surut, kamu juga bakal ngeliat sebuah pulau cantik disana. Pulau ini cuma nongol kalo air lautnya lagi surut aja. Kalau TNI disana bilang pulau ini pulau Nenek yang terdiri dari batu-batu besar. 
Wisata Pulau Berhala di Jambi, Objek Wisata Indah di Sumatera
Menurut situs resmi pemerintah Jambi, Pulau berhala sendiri memiliki luar kurang lebih 10 kilometer persegi. Kalo kamu pengen mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki bisa memakan waktu 6 jam pas air laut lagi surut. Bukit-bukit juga mendominasi pulau ini dengan ketinggian sekitar 2000 meter. Kalo kamu juga menyukai hal-hal yang berbau sejarah atau hal-hal berbau mistis atau sesuatu yang menyeramkan, kamu bisa menyusuri bukit ini melalui jalan setapak yang kurang lebih sepanjang 150 meter dan nanti kamu bakal sampai di sebuah makam salah seorang pengembang ajaran agama islam di Jambi yang memiliki nama Datuk Paduko Berhalo. Nah, konon dari sinilah nama pulau Berhala diambil.
 Wisata Pulau Berhala di Jambi, Objek Wisata Indah di Sumatera
Cara Menuju ke Pulau Berhala
Oh iya, buat kamu yang memang pingin liburan atau berwisata ke pulau berhala caranya sangat gampang. Pulau berhala sendiri terletak di selat malaka di kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai. Untuk bisa sampai ke pulau Berhala, dari Medan kamu bisa menumnpang Bus dan turun di jalan besar Sei Rampah, lama perjalanan sekitar 1 jam-an gitu. Setelah sampai di Sei Rampah kamu bisa mengendarai angkutan umum melanjutkan perjalanan selama 10 sampai 12 menit untuk bisa sampai ke lokasi. Sedangkan untuk bisa sampai ke pulau Berhala kamu bisa menyewa salah satu kapal milik nelayan untuk menyeberangi lautan hingga akhirnya sampai ke pulau berhala. Kenapa? Karena disana juga belum ada kapal khusus untuk menyeberangkan para wisatawan yang ingin berwisata ke pulau berhala. Masalahnya, untuk bisa sampai kepulau berhala, ongkos sewa kapalnya terbilang teramat sangat mahal bisa sampe antara 800 ribu sampai 1,5 juta rupiah untuk permalamnya saja. Jadi biar lebih hemat lebih baik bersama dengan rombongan saja.
Wisata Pulau Berhala di Jambi, Objek Wisata Indah di Sumatera
Ada lagi wisata sejarah disini yaitu benteng peninggalan Jepang di salah satu bukit di Pulau Berhala. Kalau kamu ke Sumatera Utara atau sedang berada di Jambi khususnya jangan sampai kamu lewatkan objek wisata Pulau Berhala ini di Jambi.


Sumber:  http://dipariwisata.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar