Jumat, 08 Maret 2013

Sendang Biru Pantai Cantik Pintu Masuk Ke Pulau Sempu


Sendang Biru Pantai Cantik Pintu Masuk Ke Pulau Sempu

Pantai Sendang Biru juga dikenal dengan Pulau Sempu-nya terletak di Kabupaten Malang, tepatnya ber-jarak 30km bagian Selatan Kabupaten Malang dan bila dari kota Kabupaten Malang pusat ber-jarak tempuh kurang lebih 75km atau sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Kabupaten Malang. Sendang Biru berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, jalanan mendekati pantai naik turun dan berkelok-kelok sehingga pengunjung harus berhati-hati. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, juga kendaraan umum. Pantai Sendang Biru sering dikatakan sebagai pintu masuk untuk menuju pulau sempu, karena persis terletak di seberang Pulau Sempu
Nama pantai ini berasal dari bahasa jawa sendang yang berarti telaga), tirto (air), dan banyu (air). Sesampai di pantai Sendang Biru, Anda pun akan disuguhi atraksi alam yang tak kalah uniknya, karena pantai ini memang sangat jernih dan berwarna biru. Pantai sendang biru juga terkenal dengan tempat pelelangan ikan di malang dan sebagai tempat berlabuh perahu nelayan.
Pantai Sendang Biru sangat indah, pasir putihnya dan air laut yang biru jernih menambah daya tarik di pantai ini. Belum lagi berjejeran perahu nelayan yang terparkir rapi di tepi pantai. Di tengah laut anda bisa melihat ke bawah. Di sana pemandangan bawah lautnya sangat jelas terlihat ikan-ikan kecil yang berenang di sela-sela karang membuat pengalaman anda mengunjungi Pantai Sendang Biru tak terlupakan. Di kawasan ini juga masih ada adat yang selalu dijalankan oleh masyarakat setempat, mereka akan menyeberangi laut menuju Pulau Sempu untuk mengambil air tawar yang dinilai keramat. Setelah anda puas menikmati keindahan Pantai Sendang Biru, tidak ada salahnya jika sekalian mengunjungi Pulau Sempu, dari Pantai anda hanya bisa menggunakan perahu untuk mencapai Pulau Sempu tersebut. Di sana terdapat lebih dari 223 jenis tumbuhan, 144 lebih jenis burung spesies baru, hewan mamalia dan hewan langka lainnya. Nama Pulau Sempu sendiri sebenarnya berasal dari nama sejenis tanaman obat yang saat ini amat langka, yakni pohon sempu. Anehnya meskipun bernama demikian, tak satupun ada pohon sempu yang masih berdiri di areal hutan di pantai pulau ini. Malah kebanyakan pohon jenis lain yang tumbuh subur disana. Kawasan yang berstatus cagar alam tersebut memiliki hutan yang masih terjaga dengan baik.
Maka dari itu, jangan segan-segan untuk berkunjung ke Pantai Sendang Biru Dan Pulau Sempu, anda bisa menikmati liburan bersama keluarga atau orang terdekat anda kapan pun anda mau.


Sumber: http://berwisata.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar