Selasa, 19 Maret 2013

Kepulauan Banda, Pulau indah di tenggara Ambon

Kepulauan Banda adalah sebuah kepualauan yang sudah terkenal sampai ke mancanegara sejak jaman dahulu, sebagai tempat yang menjadi pemasok rempah-rempah ke Eropa. Rempah-rempah seperti Pala begitu menarik para pengunjung dari mancanegara seperti Eropa maupun Asia, sehingga kapal-kapal pemburu rempah-rempah dari China, india maupun Arab jaman dahulu berdatangan  untuk membeli rempah-rempah untuk kemudian di jual kembali terutama di kawasan Eropa dengan keuntungan yang menggiurkan.
Masyarakat Banda jaman dahulu sangat merasa terbantu dengan keberadaan rempah-rempah di daerah mereka yang sangat melimpah sehingga tidak kurang kesejahteraan masyarakat pun ikut terangkat. namun semua ceruta indah itu harus di bayar oleh ketamakan bangsa Eropa yang memilih menjajah daerah tersebut demi bisa memonopoli perdagangan rempah-rempah dunia.
banda » Kepulauan Banda, Pulau indah di tenggara Ambon 
Sebagai sebuah kepualaun, banda hanya terdiri dari tiga buah pulau besar serta tujuh pulau yang lebih kecil. Kepulauan Banda ini terletak pada tepi jurang laut salah satu yang terdalam di dunia yakni Laut Banda. Kedalaman perairan di laut Banda bisa mencapai sampai 6.500 meter. Pulau Banda Besar dan Naira adalah dua pulau terbesar di kepulauan Banda, dan merupakan pulau tempat tumbuhnya pohon pala terbanyak, Selain itu masih ada pulau yang memiliki gunung aktif di Pulau ini.
Perairan di pulau-pulau ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah. Air yang jernih tempat bermukimnya karang dan ikan yang indah berwarna-warni, membuat kegiatan snorkeling maupun diving menjadi menyenangkan. Terdapat bebrapa tempat diving dan snorkeling yang bisa di coba seperti, laguna dangkal yang terletak di antara Bandaneira, Gunung Api serta dinding vertikal di Pulau Hatta.
Selain itu masih ada Scuba Diving yang bisa di lakuakan oleh para penyelam, dinatar tempat untuk melakukannya adalah lokasi bawah laut sekitar Ambon serta pulau terdekat dari Saparua sudah dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk di jelajahi pemandangan bawah lautnya. Bergagai jenis ikan seperti Ikan hiu, ikan napoleon wrasse, kura-kura besar, sinar mobula, ikan kerapu raksasa, tuna, berbagai jenis spesies ikan paus, cepluk redtooth, lumba-lumba pemintal, lobster besar, ikan karang yang  jinak serta ikan endemik lepu ambon adalah diantara ikan yang bisa di temukan di perairan ini.
Sebagai sebuah kepualun yang indah banda sudah cukup di kenal oleh para penyelam, pelaut maupun kapal pesiar yang sengaja singgah di peraiaran pulau ini. Keindahan pemandangan bawah laut serta daratan pulau banda tidak kalah dengan tempat yang di kenal juga memiliki pemandanga indah yakni Raja Ampat.
Untuk menuju kepulauan Banda ini maka pengunjung perlu mendatangai Ambon terlebih dahulu, dari Ambon maka perjalanan di lanjutkan dengan transfortasi udara menggunakan pesawat kecil carteran menuju Banda Neira. Penerbangan hanya terjadi seminggu sekali, selain melalui udara pengunjung juga bisa melalu perjalanan laut yakni menggunakan Feri dari Ambon ke Banda Neira, feri hanya melaut tiap 2 minggu sekali. Hal inilah yang menyebabkan Banda menjadi sepi tetapi ideal untuk berwisata.

Sumber: http://www.indoholidaytourguide.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar