Selasa, 12 Maret 2013

Mursala, Pulau Bukit nan Indah


Pulau Mursala 

Dengan luas sekitar 8.000 Ha, Pulau Mursala memang selalu menarik untuk dikunjungi. Pulau yang termasuk wilayah Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara ini memiliki keistimewaan tersendiri.
Jika pada umunya jatuhnya air terjun berakhir di sungai, namun di pulau yang pernah menjadi lokasi syuting film Hollywood ini memiliki air terjun yang airnya langsung jatuh ke lautan. Letak air terjun tersebut sendiri berada di pinggir Pulau Mursala.
Di balik pesonanya, air terjun Pulau Mursala ini juga memiliki legenda tersendiri yang berkembang di masyarakat sekitar. Konon, air terjun ini merupakan tempat bermain seorang putri cantik bernama Putri Runduk. Putri Runduk memiliki kolam tempat mandi di atas air terjun dari mana air terjun ini mengalir.
Air terjun Pulau Mursala yang memang merupakan tempat utama pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah, kini tempat ini menjadi objek wisata favorit bagi para pengunjung karena tempatnya mempunyai keindahan alam yang mempesona.
Selain menikmati pesona unik air terjunnya, keindahan pulau Mursala juga dapat dinikmati dengan menyelami keindahan bawah lautnya. Dengan dikelilingi gugusan pulau-pulau kecil, kawasan pulau Mursala memiliki taman terumbu karang yang indah.
Taman terumbu karang di Pulau Mursala sendiri sudah menjadi salah satu target tempat konservasi terumbu karang yang dilakukan COREMAP (Coral Reef Rehabilitation and Management Programe), sebuah lembaga yang dinaungi oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan) dan Dinas Kelautan dan Perikanan untuk menjaga kelestarian terumbu karang.
Gaung Pulau Mursala memang belum banyak didengar orang, sebab di pulau ini belum ada cottage yang bisa dijadikan tempat menginap, juga hanya ada sekira 60 kepala keluarga yang menetap di pulau ini.
Perjalanan menuju pulau ini dapat dimulai dari Pandan, ibukota Tapteng, sekitar 360 kilometer dari Medan, ibukota Sumut. Ada perahu-perahu wisata milik warga yang dapat disewa menuju ke sana. Jarak tempuhnya memang agak lama, hampir dua jam, tetapi pemandangannya menyenangkan. Anda pun bisa menikmati pemandangan sepanjang melewati beberapa pulau seperti Pulau Situngkus dan Pulau Putri.


Sumber: http://www.marketplus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar