Selasa, 12 Maret 2013

Pulau Berbahaya Nan Cantik


Eksotika Pulau Pandan , Kepulauan Banyak , Aceh Singkil (sumber:dok.pribadi)
Eksotika Pulau Pandan , Kepulauan Banyak- Aceh Singkil 

Terkadang rasa takut membatasi langkah manusia untuk melakukan perjalanan dan berpetualang. Namun pesona keindahan alam dan keunikan budaya  begitu menggoda, sayang untuk dilewatkan. Perjalanan tidak hanya menawarkan kesenangan tapi memberikan banyak pengalaman batin. Bertemu orang dengan latar belakang budaya dan sosial yang berbeda, meyakinkan bahwa keragaman itu indah.
Keindahan pulau-pulau di sebelah barat Sumatra bagai candu. Sekali mencoba rasanya ingin terus menikmatinya, menelisik tiap sisi sampai ke dasar laut. Berada di zone subduksi lempeng Euroasia pulau-pulau di sebalah barat Sumatra rawan gempa dan tsunami. Sebagai contoh Simeulue,  pulau penghasil lobster hampir tiap hari merasakan gempa  kecil akibat  pergerakan lempeng kulit bumi. Namun keelokanya  tidak menggetarkan orang untuk menyambanginya.
Pertama kali mengenal pulau di sebelah barat Sumatra penghujung tahun 2011. Bersama komunitas Backpacker Medan melewati tahun baru 2012 di Pulau Weh selama 4 hari. Menjelajah setiap sudut pulau di ujung barat Indonesia. Mulai dari pantai Kasih, Anoi Hitam, Sumur Tiga, Iboih, dan Gapang. Lalu melepas sunset terakhir tahun 2011 di nol kilometer. Semua pantai di pulau Weh menawarkan pasir putih dan air laut biru jernih. Belum lagi gumpalan awan bak kapas mengembang di angkasa biru. Membuat saya makin jatuh cinta dengan pulau ini.
Tidak sampai dua bulan , rasa rindu menuntun saya menuju pulau cantik di sebelah barat Sumatra. Gugusan Kepulauan Banyak di Aceh Singkil telah lama ditinggalkan wisatwan domestik. Paska gempa Aceh tahun 2004 dan Padang tahun 2009 ketinggian air laut naik hingga satu meter. Pohon kelapa di pinggir pantai terendam air lalu  mati meranggas . Namun rasa gentar tidak berlaku bagi wisatawan mancanegara. Seperti pasangan suami istri asal Australia, Amie dan Brandon . Keduanya datang dari negeri kangguru hanya untuk menikmati ekostika Pulau Palambak di Kepulauan Banyak.  Bang Erwin pemilik sekaligus pengelola pulau berkata bahwa cottage-nya selalu dipenuhi bule saat musim panas tiba. Mereka melakukan aktivitas  outdoor , seperti : surfing, snorkling, canoeing, hopping dan trekking keliling pulau. Beberapa pulau kecil  dijadikan private island tempat bulan muda pasangan pengantin baru.
Perjalanan panjang Jambi-Medan 27 jam, Medan-Aceh Singkil 8 jam dan Aceh Singkil-Pulau Balai 3 jam terbayar lunas menyaksikan keindahan Kepulauan Banyak. Menginap dua malam di pulau Palambak salah satu pulau tercantik di sini dan hopping ke pulau-pulau di sekitarnya. Menyaksikan biota dari atas permukaan  laut berwarna hijau toska tanpa  snorkel. Tembus pandang seperti memandang aquarium di alam bebas. Penyu hijau berenang bebas di antara terumbu karang . Kedamaian menyeruak menghilangkan rasa khawatir bahwa  gempa dan tsunami bisa datang kapan saja
Puas menjelajah utara pulau Sumatra, bulan Mei kembali ke kampung halaman yang berada di selatan pulau Sumatra, Propinsi Lampung. Kembali Menjelajah pulau andalas tapi  dengan gaya  sedikit berbeda yaitu bikepacker. Mengendarai sepeda motor menyisir bukit barisan di Lampung Barat menuju pantai di Krui. Kembali eksotika pantai pasir putih dengan laut dan langit biru  menggoda. De Ja vu,  pantai Tanjung Setia di Lampung Barat merupakan salah satu spot surfing terbaik di dunia dengan panjang gulungan ombak bisa mencapai 30 meter. Tepat di sebelah baratnya pulau pisang dengan keindahan mirip pulau Weh dan Banyak kembali menggoda. Sayang , kali ini tidak bisa menyapanya karena ombak tinggi.
Obsesi akan pulau-pulau di sebelah barat Sumatra semakin dalam. Simelu, Nias dan Mentawai masuk daftar jelajah tahun 2012. Namun belum berjodoh sampai tahun 2012 berakhir tidak satupun terwujud . Dinas luar kota  dan tawaran travelling dadakan merusak budgeting dan schedule yang sudah disusun rapih. Berharap tahun 2013 bisa menyambangi pulau di barat Sumatra yang cantik namun berbahaya. Melewati perjalanan menembus batas rasa takut
Pantai Iboih , Pulau Weh 

Pantai di pulau Rubiah (sumber: dok.pribadi)
Pantai di pulau Rubiah 

Pantai KAsih , Pulau Weh (sumber: dok.pribadi)
Pantai Kasih , Pulau Weh 

Wisatan Australia - Aime dan suami - di Pulau Palambak (sumber: dok.pribadi)
Wisatan Australia di Pulau Palambak

Pulau Lambodong , Kepulauan Banyak - Aceh Singkil (sumber:dok.pribadi)
Pulau Lambodong , Kepulauan Banyak - Aceh Singkil 

Pulau Tailana , Kepulauan Banyak - Aceh Singkil (sumber:dok.pribadi)
Pulau Tailana , Kepulauan Banyak - Aceh Singkil

pohon kelapa meranggas - sisa terjangan tsunami Kepulauan Banyak (sumber:dok.pribadi)
pohon kelapa meranggas - sisa terjangan tsunami Kepulauan Banyak

Pantai Tanjung Setia , Krui Lampung Barat (sumber:dok.pribadi)
Pantai Tanjung Setia , Krui Lampung Barat 


Sumber: wisata.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar