Kamis, 25 April 2013

Wisata Alam di Singapura


Singapura selama ini dikenal sebagai negara kecil yang modern. Negara yang terletak di ujung selatan Semenanjung Malaysia ini dipenuhi dengan gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan hotel mewah serta didukung oleh sistem transportasi massal yang canggih. Di balik semua itu, Singapura ternyata masih menyimpan tempat-tempat wisata alam yang indah dan alami. Berikut adalah beberapa tempat wisata alam yang ada di Singapura.
1. Pulau Ubin
Pulau Ubin merupakan sebuah pulau kecil seluas 10,59 kilometer persegi yang terletak di sebelah timur laut Singapura. Pulau ini dianggap sebagai satu-satunya daerah pedalaman di Singapura dan lebih banyak dihuni oleh flora dan fauna dibanding manusia. Populasi di Pulau Ubin diperkirakan hanya sekitar 100 orang. Sebagian besar wisatawan mengunjungi Pulau Ubin untuk berkemah, menikmati keindahan alam, dan melakukan kegiatan outdoor misalnya bersepeda. Salah satu tempat terfavorit di Pulau Ubin adalah Tanjung Check Jawa yang merupakan gabungan dari pantai berpasir, hutang mangrove, patahan karang, dan laguna berwarna kehijauan.

Pulau Ubin
Pulau Ubin
2. East Coast Park
East Coast Park atau Taman Pantai Timur merupakan sebuah kawasan wisata pantai yang berlokasi di Singapura bagian tenggara. Pantai seluas 185 hektar ini terbentuk dari reklamasi pantai di dekat kawasan Katong. Pantai di East Coast Park dinyatakan aman untuk berenang karena dibangun dengan struktur pemecah gelombang. Untuk melengkapi kebutuhan wisata para pengunjung, East Coast Park dilengkapi dengan barbecue pit, jalur bersepeda danskating, restoran, vila-vila kecil, dan berbagai fasilitas hiburan. Beberapa tempat menarik di East Coast Park adalah Marine Cove, LilliPut, Seafood International Market and Restaurant, Mana Mana Beach Club, dan lain sebagainya.

East Coast Park
East Coast Park
3. MacRitchie Reservoir Park
MacRitchie Reservoir Park adalah kawasan wisata yang cocok bagi kalangan pencinta alam serta bagi orang tua yang ingin mengajarkan kecintaan alam kepada putra-putrinya. Waduk yang dibuka untuk umum pada tahun 1967 ini menjadi salah satu tempat rekreasi akhir pekan terpopuler di Singapura. Banyaknya tumbuh-tumbuhan di areal MacRithie Reservoir Park membuat udara di kawasan tersebut terasa sejuk. Di kawasan ini, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan wisata seperti melihat burung, memancing, melakukan olahraga air, berfoto, atau sekedar menikmati keindahan alam. MacRithie Reservoir Park semakin sempurna sebagai tempat wisata dengan adanya tempat parkir, restoran, cafe, toilet, kamar mandi, serta jogging track.

MacRitchie Reservoir Park
MacRitchie Reservoir Park
4. Tree Top Walk
Tree Top Walk merupakan salah satu wahana yang ada di MacRitchie Reservoir Park. Wahana ini berbentuk jembatan gantung yang membentang sepanjang 250 meter dan menghubungkan dua titik tertinggi di MacRitchie Reservoir Park yaitu Bukit Peirce dan Bukit Kalang. Saat menyeberangi jembatan, wisatawan bisa melihat penampakan atas dari MacRitchie Reservoir Park. Pengunjung akan merasa seperti berada di tengah hutan karena pemandangan yang terlihat hanyalah pepohonan, tanaman, dan berbagai jenis burung, tanpa ada sedikitpun tanda-tanda penampakan gedung pencakar langit yang banyak terdapat di Singapura. Untuk keamanan, pengunjung hanya diperbolehkan berjalan satu arah, dan jembatan hanya hanya boleh memuat 30 orang dalam satu waktu.

Tree Top Walk
Tree Top Walk
5. Bedok Reservoir Park
Bedok Reservoir Park merupakan sebuah tempat wisata alam yang terdiri dari waduk dan taman di bagian utara Bedok New Town, Singapura. Waduk di kawasan ini memiliki luas 880.000 meter persegi dan mampu menyimpan cadangan air hingga 12,8 juta meter kubik. Pengunjung bisa melakukan berbagai olahraga air seperti memancing, berlayar, serta mendayuh kano dan kayak. Sementara itu, taman di sekeliling waduk dilengkapi dengan lapangan bermain anak, jogging track, tempat fitnes dan lapangan terbuka. Penduduk setempat sering memanfaatkan bedok Reservoir Park sebagai tempat berolahraga.

Bedok Reservoir Park
Bedok Reservoir Park
6. Bukit Timah Nature Reserve
Bukit Timah Nature Reserve adalah sebuah cagar alam seluas 1,64 kilometer persegi yang terdapat di lereng Bukit Timah, Singapura. Lokasi cagar alam ini hanya sekitar 12 kilometer dari kawasan Central Business District (CBD) di Singapura yang penuh dengan gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan hotel bintang 5. Meski kecil, Bukit Timah Nature Reserve menjadi rumah dari ratusan spesies tanaman dan hewan. Pada tahun 2011, cagar alam ini dinobatkan sebagai Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park) oleh UNESCO. Sebagian besar wisatawan berkunjung ke Bukit Timah Nature Reserve untuk melakukan kegiatan outdoor seperti mendaki atau bersepeda. Sebagian wisatawan lainnya mengunjungi cagar alam ini untuk sekedar berjalan-jalan sambil menikmati keindahan alam.

Bukit Timah Nature Reserve
Bukit Timah Nature Reserve
Sumber: http://www.voucherhotel.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar