Jumat, 05 April 2013

Keeksotisan dan Keindahan Pulau Ketam






Malaysia memiliki sejumlah pulau/ pantai yang terkenal dengan pesona keindahan dan panoramanya yang cantik. Salah satunya ialah Pulau Ketam atau disebut juga dengan Pulau Kepiting. Pulau ini berdekatan dengan sebuah perkampungan nelayan yang berdekatan dengan Pelabuhan Klang, Selangor, Malaysia. 


Pulau ini telah eksis sejak tahun 1880-an. Keseluruhan wilayahnya hanya sekitar 20% saja yang didiami oleh penduduknya sedangkan sisanya 80% merupakan kawasan hutan bakau. Disini terdapat dua desa yang dipisahkan oleh pulau ini yakni Desa Sungai Lima dan Desa Pulau Ketam. Diantara kedua desa tersebut tidak ada jalur penghubung sehingga diantara keduanya sangat sulit untuk berkomunikasi. Namun demikian, akses untuk menuju ke pulau ini cukup mudah yakni dengan menggunakan kapal feri dari Port Klang. 


Populasi terbesar yang ada di pulau ini ialah beretnis China (Hainan, Hokkien dan liannya). Rumah-rumahnya 
dibagun diatas rawa bakau sehingga memberikan keunikan tersendiri. Kalangan wisatawan yang datang kesini dapat menyaksikan kehidupan keseharian yang dilakukan oleh setiap warganya. Aktifitas akuakultur merupakan sumber pendapatan utama bagi mayoritas warga yang hidup di Pulau Ketam ini. Beberapa aktifitas yang dijalankan oleh warga pulau ini seperti menangkap ikan, menjalankan perniagaan kecil dan akua-kultur sendiri. 


Ketika berada di Pulau Ketam ini jangan lupa pula untuk menikmati sajian kuliner lokalnya yang didominasi oleh makanan laut. Disini banyak terdapat restoran-restoran lokal yang menyajikan makanan laut seperti kerang, udang, kepiting dengan dimasak secara menggiurkan. Setelah puas menikmati sajian kulinernya, maka pengunjung bisa membeli sejumlah souvenir untuk oleh-oleh yang ada di pulau tersebut. Berbagai pernak-pernik bisa dibeli seperti gelang, kalung, dan juga anting yang terbuat dari kulit kerang. Beberapa pernik lainnya juga seperti lampu hias, gorden dan lainnya bisa dibeli disini. 

Dengan keindahan dan kelengkapan sejumlah fasilitas yang ada di Pulau Ketam ini sudah seharusnya jika Anda menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata prioritas.

Sumber: http://malaysia.panduanwisata.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar